Jumat, 20 Desember 2013

WISATA ALAM BANYUWANGI


Banyuwangi mempunyai begitu banyak wisata alam. Dari alam pengunungan hingga pantai yang indah membuat anyak orang terpukau

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mempromosikan pariwisata Alam unggulannya yang berada di tiga daerah yang diberi nama segitiga berlian atau Triangel Diamond.Segitiga Berlian terdiri atas:
●      Kawah Ijen di Area Taman Nasional Baluran, Licin
●      Sukomade di  Area Taman Nasional Meru Betiri, Pesanggaran
●      Plengkung di Area Taman Nasional Alas Purwo, Tegaldlimo.

                   Ketiga wisata alam tersebut ( Kawah Ijen, Plengkung, dan Sukomade) di sebut sebagai the triangle karena apabila ketiganya dihunungkan dengan satu garis lurus maka akan terbentuk  segitiga (triangle).




THE TRIANGLE
  1. KAWAH IJEN
 
Kawah ijen adalah sebuah kawah yang terletak di tengah sebuah gunung yang berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. kawahnya berwarna biru kehijauan dengan kepulan asap yang berasal dari aktivitas belerang yang berada di pinggiran kawah. Kawah ijen merupakan wisata alam Banyuwangi yang sangat sering dikunjungi oleh turis local maupun asing, Seperti dari Prancis, Amerika, Eropa, Asia dan dari belahan dunia lainnya.




 2.  Plengkung



Pantai Plenglung berlokasi di Taman Nasional alas purwo. Pantai ini memiliki ombak terbesar ke 2 di dunia setelah Hawai sehingga pantai ini menjadi surganya surfing di dunia. Pantai ini sangat bersih dan indah.Turis manca lebih mengenalnya dengan sebutan “G-LAND”, karena apabila pantai ini dilihat dari atas, daratannya membentuk huruf “G” dan turis lokal menyebutnya pantai Plengkung.

3.    Sukomade




Pantai Sukamade merupakan salah satu obyek wisata yang terdapat di zonapemanfaatan intensif TNMB yang sangat potensial untuk kegiatan ekowisata, Pantai Sukomade merupakan pantai yang tenang dan indah. Pada mulanya pantai ini ditemukan oleh Belanda pada tahun 1927 sampai sekarang masih memikat para wisatawan lokal maupun mancanegara.Pantai ini juga satu-satunya tempat penangkaran  penyu yang ada di indonesia untuk mencegah kepunahan.


Selain ketiga tempat wisata (triangle) di atas, Banyuwangi masih memiliki begitu banyak tempat wisata yang indah, asri, alami nan eksotik dan mempesona.

1. TELUK IJO






Teluk ijo atau yang biasa di sebut dengan Green-Bay adalah wisata alam banyuwangi yang masih terjaga kealamiannya dan keindahannya. Teluk ini sangat bersih dan hijau sehingga apabila kamu melihatnya solah-olah melihat surge yang ada di dunia. Akses menuju teluk IJo memanga sulit, namun hal itulah yang menjadi sensai perjuangan tersendiri sehingga ketika sudah sampai di Teluk IJo semuanya akan terbaya dengan pesona keindahannya yang seperti surge. Hijau,Alami dan asri. Pantai ini masih sangat terjaga keasliannya.

2. BALURAN ALAS PURWO












Baluran alas urwo merupaka hutan tertua yang ada di banyuwangi, kealamiannya masih sangat terjaga. Di hutan ini juga hidup banyak flora fauna yang masih sangat asli Indonesia. Oleh karena itu, hutan ini dijadikan sebagai konservasi alami atas flora fauna Indonesia untuk mencegah kepunahan. Kamu bisa menemukan segala macam jenis binatang di sini..


3.PANTAI GRAJAGAN





adalah tempat wisata yang Sepanjang pantai selatan Banyuwangi memang menjanjikan keindahan alamnya yang tiada tara terutama deretan gunung-gunung, perkebunan, pantai, Grajagan dapat menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin melancong ke TN Alas Purwo dengan menggunakan perahu. Kawasan seluas 314 hektar ini berada di hutan KPH Banyuwangi Selatan, tepatnya di petak 111 BKPH Curahjati atau secara administratif pemerintahan terletak di desa Grajagan

4.PULAU MERAH


Pulau merah merupakan pantai yang terletak di bagian Banyuwangi selatan. pantai ini disebut pantai merah karena awalnya pantai ini selalu terlihat berwarna merah apabila di sore hari.


5 WATU DODOL






Watu dodol adalah wisata alam pantai yang terletakdi ujung Timur Bnayuwangi dimana pantainya sangta alami bersih dan indah dengan adanya satu pemandangan yang sangat menarikyaitu keberadaan sebuat batu yang adadi tengah jalan yang adadi sapingpantai. Memang aneh bagaimana batu dengan ukuran sangat besar setinggi rumah bisa berada di engah akses jalan. Batu tersebut sangat Nampak di pantai, selain itu juga terdapat patung gandrung yang menyimbulkan asli budaya banyuwangi yang berada tidak jauh dari lokasi batu tersebut.

6.PATUNG GANDRUNG




Patung Gandrung merupakan penyimbolan ciri khas dari Banyuwwangi, yaitu Gandrung. Patung ini terletak di pantai Watu Dodol. Patung ini adalah patung Selamat Datang di Banyuwangi yang digunakan untuk penyimbolan bahwa semua masyarakat banyuwangi menyambut para visitor.



0 komentar:

Posting Komentar